Pengaruh Shalat Dhuha berjama’ah terhadap kedisiplinan siswa kelas V di MI Al Hikmah Tembalang Semarang tahun ajaran 2021/2022

Main Author: Rohmah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18557/1/1603096061_SITIROHMAH_FULL_SKRIPSI%20-%20Siti%20Rohmah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18557/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah siswa kelas V MI Al Hikmah Tembalang Semarang tahun 2021/2022, untuk mengetahui kedisiplinan siswa kelas V Al Hikmah Tembalang Semarang tahun 2021/2022, dan seberapa besar pengaruh antara shalat dhuha berjama’ah dengan kedisiplinan siswa kelas V Al Hikmah Tembalang Semarang 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berbentuk kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi penelitian ini adalah semua kelas V yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: pengaruh shalat dhuha berjama’ah terhadap kedisiplinan siswa sebesar 84,4% sisanya (100-84,4%) 15,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Selain itu diperoleh F_reg sebesar 156,55 sedangkan F_tabel dengan taraf signifikansi 5% = 4,08 dengan demikian F_reg>F_tabel. Dengan persamaan regresi Ŷ = 17,9 + 0,801X. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh shalat dhuha berjama’ah terdapat kedisiplinan siswa kelas V di MI Al Hikmah tahun ajaran 2021/2022.