Upaya guru untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf pada anak usia 5–6 tahun di TK PGRI 66
Main Author: | Maharani, Annisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18514/1/1803106008_Annisa%20Maharani_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Annisa%20Maharani.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18514/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf pada anak usia 5 – 6 Tahun di TK PGRI 66. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B TK PGRI 66 Semarang dengan jumlah anak 18 siswa. Pendidikan Anak Usia Dini pada hakikatnya ialah Pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kognitif anak setelah adanya tindakan Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing masing siklus terjadi tiga kali pertemuan. Pada saat dilakukan observasi pra siklus kemampuan kognitif anak sebesar 27%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 55%, dan pada pelaksanaan siklus II meningkat jauh lebih baik dengan indikaotr peningkatan yang didominasi dengan kemampuan anak dalam menyebutkan huruf menjadi 88%. Dengan hasil tersebut maka sudah menunjukkan kategori keberhasilan.