Evaluasi bimbingan agama Islam di Majelis Ta’lim Nurul Musthofa Jakarta

Main Author: Pradita, Zuniza Esa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18511/1/1701016138_Zuniza%20Esa%20Pradita_Lengkap%20Tugas%20Akhir.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18511/
Daftar Isi:
  • Memberikan bimbingan Agama Islam kepada jamaah sangatlah penting dan merupakan kewajiban sebagai seorang pembimbing, agar jamaah bisa memahami, mengerti, dan melakukan ibadah sesuai dengan ajaran Islam. pentingnya evaluasi supaya mereka mengetahui proses bimbingan agama Islam yang dilakukan di majelis ta’lim Nurul Musthofa Jakarta agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bimbingan agama Islam di majelis ta’lim Nurul Musthofa Jakarta, serta mengevaluasi bimbingan agama Islam di majelis ta’lim Nurul Musthofa Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bimbingan agama Islam di majelis ta’lim Nurul Musthofa Jakarta serta mengevaluasi bimbingan agama Islam di majelis ta’lim Nurul Musthofa Jakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari sumber data yang diperoleh dari lapangan. Adapun uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisa miles dan huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan verifikasi atau kesimpulan data (Conslusing Drawing. Dari hasi penelitian ini pertama, pelaksanaan bimbingan agama Islam di majelis ta’lim Nurul Musthofa dilaksanakan oleh pembimbing Al-Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf pada hari sabtu, pelaksanaan bimbingan ini menggunakan 2 metode Pertama, metode langsung yaitu metode individual karena didalam metode ini pembimbing melakukan komunikasi langsung secara individu dengan pihak yang dibimbingnya, kemudian menggunakan metode kelompok, dalam metode ini pembimbing melakukan komunikasi langsung dengan jamaah dalam kelompok. Kedua, metode tidak langsung yaitu pembimbing melakukan komunikasi melalui live streaming dan instagram dengan jamaah. Selain metode juga menggunakan materi, materi bimbingan agama Islam yang diterapkan diantaranya akidah atau keyakinan yang berkaitan dengan rukun Iman, materi syari’ah yang berkaitan dengan hukum ibadah, materi akhlakul karimah yaitu akhlak yang baik dan yang buruk. Kedua, hasil penelitian menggambarkan sejauh mana pencapaian serta proses dari program bimbingan agama yang dilakukan di majelis ta’lim Nurul Musthofa Jakarta kepada jamaah dalam. Dari hasil pengamatan peneliti mengenai evaluasi bimbingan agama Islam di majelis ta’lim Nurul Musthofa Jakarta adalah bimbingan yang dilakukan berjalan dengan baik dan lancar, jamaah dapat memahami materi yang diberikan. Pembimbing dapat menyampaikan materi dan metode dengan baik saat bimbingan, tetapi dalam segi mengevaluasi hendaknya mengadakan evaluasi ruitn agar program yang terlaksana dapat diukur tingkat keberhasilan sesuai harapan pembimbing dan pengurus.