Manajemen strategik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru studi perbandingan di SDIT BIAS Assalam dan SDIT Usamah Tegal

Main Author: Mujahidin, Zaki Mubarok Al
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18411/1/1803038010_Zaki%20Mubarok%20Al%20Mujahidin_Full_Tesis%20%20-%20Zaki%20Mubarok%20Al%20Mujahidin.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18411/
Daftar Isi:
  • Penelitan ini dimaksudkan menjawab permasalahan: (1) Bagaimana manajemen strategik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT BIAS Assalam? (2) Bagaimana manajemen strategik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT Usamah Tegal? (3) Bagaimana perbandingan manajemen strategik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT BIAS Assalam dan SDIT Usamah Tegal? Kajian ini menunjukkan bahwa manajemen strategik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT BIAS Assalam meliputi Visi Misi dan Analisis SWOT. Perumusan strategi dituangkan dalam RAKER yayasan. Implementasi strategi terdiri dari pengalokasian anggaran, penerapan strategi fungsional: pelatihan, PPG, studi lanjut dan linearitas pendidikan, strategi korporasi: kebijakan, pembinaan guru, strategi bisnis: motivasi kinerja, penghargaan dan hukuman, menyediakan fasilitas, membagi tugas sesuai keahlian. Evaluasi strategi terdiri dari: monitoring pembelajaran, kedisiplinan, raport kinerja dan evaluasi guru. Sedangkan manajemen strategik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT Usamah Tegal meliputi Visi Misi dan Analisis SWOT. Perumusan strategi dibahas dalam MUSKER. Implementasi strategi terdiri dari pengalokasian anggaran, penerapan strategi fungsional: MGMP internal, peer teaching, pelatihan, PPG, studi lanjut S1, lomba guru, strategi bisnis: motivasi kinerja, penghargaan dan hukuman, fasilitas guru, membagi tugas sesuai bidang, kerapian kelas, English day, strategi korporasi: kebijakan, dan pembinaan guru. Evaluasi strategi terdiri dari: monitoring kegiatan belajar mengajar, penilaian kinerja, evaluasi guru. Perbandingan manajemen strategik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT BIAS Assalam dan SDIT Usamah Tegal yaitu dalam perumusan strategi di SDIT Usamah tidak melibatkan yayasan. Dalam implementasi strategi program di SDIT Usamah Tegal lebih banyak dan bervariatif. Dalam evaluasi strategi penilaian kinerja di SDIT BIAS Assalam berdasarkan keaktifan kegiatan sekolah dan kegiatan dakwah sosial sedangkan penilaian kinerja di SDIT Usamah Tegal berdasarkan aspek tarbawi, integritas, manajerial, progesivitas diri, tanggung jawab, Kerjasama dan kompetensi.