Muatan pendidikan seks pada buku ajar PAI dan BP di kelas atas sekolah dasar
Main Author: | Tsawab, Saila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18378/1/Tesis_2003018005_Saila_Tsawab.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18378/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV sekolah dasar dengan fokus masalah mencakup : (1) materi Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD, (2) metode Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD, dan (3) relevansi materi Pendidikan seks pada buku ajar PAI & SD di Kelas IV dengan perkembangan anak usia sekolah dasar menurut Havighurts. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan content analysis sebagaimana mengumpulkan data yang diperlukan dari beberapa literatur. Teknik analisis data meliputi membahas, menganalisis, mengklasifikasi dan menguraikan secara mendalam materi Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) materi Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD antara lain, meliputi tanda-tanda usia baligh baik pandangan ilmu fikih dan pandangan ilmu biologi, tata cara mandi besar, larangan bagi orang yang berhadats besar, kewajiban setelah usia baligh, (2) metode pembelajaran Pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV SD sangat bervariasi antara lain metode membaca intensif, metode membaca ekstensif, metode bercerita dan metode mengerjakan tugas, (3) Relevansi materi pendidikan seks pada buku ajar PAI & BP di kelas IV dengan perkembangan usia anak sekolah dasar menurut Havighurts sama-sama memberikan petunjuk, aturan, norma dan etika tentang bagaimana mengelola organ dan nafsu seksnya secara tepat untuk tidak dipergunakan secara sembarangan.