Upaya pembimbing agama Islam dalam mengatasi problematika perkembangan emosional anak di Panti Pelayanan Sosial Anak Suko Mulyo Kota Tegal

Main Author: Aula, Ade Anisatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18351/1/1601016066_Ade%20anisatun%20aula_Tugas%20Akhir.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18351/
Daftar Isi:
  • Aula, ade anisatun, NIM: 1601016066. Upaya Pembimbing Agama Islam Dalam Mengatasi Problematika Perkembangan Emosional Anak Di Panti Sosial Anak Suko Mulyo Kota Tegal. Kebutuhan manusia terdiri dari kebutuhan dasar fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa cinta dan memiliki, kebutuhan akan rasa harga diri, dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Apabila pada masa anak-anak sudah kehilangan figur orang tua kemungkinan perkembangan jiwanya akan mengalami gangguan pada masa yang akan datang. Permasalahan tersebut juga terjadi pada Panti Sosial Anak Suko Mulyo Kota Tegal. Keadaan jiwa yang sulit dan dialami oleh anak tersebut termasuk ke dalam ranah emosional. Emosi tersebut harus dikelola dan dibekali bimbingan agar anak tersebut dapat mengendalikan emosionalnya, oleh karena itu perlu adanya seseorang yang membimbing anak tersebut untuk meningkatkan perkembangan emosionalnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui problematika perkembangan emosional anak Panti Sosial dan mengetahui dan menganalisa upaya pembimbing Agama Islam dalam mengatasi problematika perkembangan emosional anak Panti Pelayanan Sosial Anak Suko Mulyo Kota Tegal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa problematika perkembangan emosional anak Panti Sosial Anak Suko Mulyo Kota Tegal mayoritas adalah rasa cemas dan takut. Rasa cemas ditunjukkan mereka merasa kurang percaya diri akan keadaan dirinya dan mencemaskan kehidupan yang akan datang sedangkan rasa takut ditunjukkan dengan anak-anak merasa sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan panti. Upaya Pembimbing Agama Islam dalam mengatasi perkembangan emosional anak adalah dengan adanya kegiatan bimbingan individu dan bimbingan kelompok. Pembimbing individu yang dilaksanakan dengan secara langsung terhadap anak yang diharapkan anak bisa dapat menceritakan masalah yang dihadapi dan dapat teratasi dengan baik, bimbingan kelompok yang dilakukan secara rutin setiap sore hari, sebagai motivator, yakni pembimbing menyampaikan pesan dan ajaran Islam untuk mendorong fitrah yang dikaruniakan oleh Allah kepada individu secara optimal, dengan adanya bimbingan tersebut bertujuan agar anak dapat mengambil keputusan dengan baik serta merubah emosi negatif menjadi positif untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.