Pengembangan zippo gallery sebagai media pembelajaran interaktif pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA/MA
Main Author: | Ashabi, Khaerul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18331/1/Skripsi_1808076049_Khaerul_Ashabi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18331/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran yang kurang menyesuaikan gaya belajar peserta didik menyebabkan keterlibatannya pasif, merasa jenuh dan pembelajaran menjadi membosankan yang berakibat pada kesulitan peserta didik dalam memahami materi sistem periodik unsur dengan persentase 34,88%. Pengembangan media zippo gallery menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai tahap develop saja. Subjek penelitian ini melibatkan 2 pendidik serta 45 peserta didik dengan tingkat pemahaman peserta didik yang beragam. Pengembangan media zippo gallery terdiri dari 5 komponen yakni zippo book, zippodo, zippocard, zippocross dan zippoli yang kesemuanya berbasis chemo- edutainment. Berdasarkan penilaian validator ahli materi dan ahli media secara berturut-turut yaitu 0,89 dan 0,88 yang menyatakan media zippo gallery terkategori layak berdasarkan nilai koefisien (V) Aiken’s dengan signifikansi 5%. Hasil respon pendidik dan peserta didik pada sesi 1 menunjukkan kelayakan media dengan kategori baik dan layak, sedangkan pada sesi 2 kelayakan media menunjukkan kategori sangat baik dan layak dijadikan sebagai referensi sumber belajar.