Inovasi media pembelajaran laboratorium virtual interaktif E-labor pada materi titrasi asam basa
Main Author: | Anggraeni, Arum Maya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18330/1/Skripsi_1808076066_Arum_Maya_Anggraeni.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18330/ |
ctrlnum |
18330 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18330/</relation><title>Inovasi media pembelajaran laboratorium virtual interaktif E-labor pada materi titrasi asam basa</title><creator>Anggraeni, Arum Maya</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>541 Physical and theoretical chemistry</subject><description>Penelitian ini didasarkan pada kendala laboratorium kimia disekolah dan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi titrasi asam basa. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media serta menguji respon siswa terhadap media berupa laboratorium virtual yang dikembangkan. Penelitian ini mengadopsi prosedur pengembangan 4-D (Four-D). Prosedur pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap develop. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 MAN 1 Kota Semarang. Karakteristik media yang dikembangkan yaitu media berupa laboratorium virtual yang dapat dioperasikan melalui android yang memuat materi titrasi asam basa. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta guru kimia. Hasil validitas oleh ahli materi dan ahli media berturut-turut 0,85 (Valid) dan 0,87 (Valid) serta validitas guru pada aspek media sebesar 0,92 (Valid) dan pada aspek materi sebesar 0,91 (Valid). Persentase keidealan media berdasarkan uji respon siswa sebesar 97,22% dan penilaian kriteria media sebesar 30,89 (Sangat Baik).</description><date>2022-06-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18330/1/Skripsi_1808076066_Arum_Maya_Anggraeni.pdf</identifier><identifier> Anggraeni, Arum Maya (2022) Inovasi media pembelajaran laboratorium virtual interaktif E-labor pada materi titrasi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>18330</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Anggraeni, Arum Maya |
title |
Inovasi media pembelajaran laboratorium virtual interaktif E-labor pada materi titrasi asam basa |
publishDate |
2022 |
isbn |
9781808076060 |
topic |
371.3 Metode kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 541 Physical and theoretical chemistry |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18330/1/Skripsi_1808076066_Arum_Maya_Anggraeni.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18330/ |
contents |
Penelitian ini didasarkan pada kendala laboratorium kimia disekolah dan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi titrasi asam basa. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media serta menguji respon siswa terhadap media berupa laboratorium virtual yang dikembangkan. Penelitian ini mengadopsi prosedur pengembangan 4-D (Four-D). Prosedur pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap develop. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 MAN 1 Kota Semarang. Karakteristik media yang dikembangkan yaitu media berupa laboratorium virtual yang dapat dioperasikan melalui android yang memuat materi titrasi asam basa. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta guru kimia. Hasil validitas oleh ahli materi dan ahli media berturut-turut 0,85 (Valid) dan 0,87 (Valid) serta validitas guru pada aspek media sebesar 0,92 (Valid) dan pada aspek materi sebesar 0,91 (Valid). Persentase keidealan media berdasarkan uji respon siswa sebesar 97,22% dan penilaian kriteria media sebesar 30,89 (Sangat Baik). |
id |
IOS2754.18330 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2023-02-24T21:14:29Z |
last_indexed |
2023-02-24T21:14:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821684391084032 |
score |
17.538404 |