Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan chemcard terhadap minat dan hasil belajar peserta didik

Main Author: Masruroh, Alfina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18328/1/Skripsi_1808076048_Alfina_Masruroh.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18328/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran kimia kelas X di SMAN 13 Semarang masih menerapkan model pembelajaran secara konvensional berupa model Teacher Center Learning (TCL) dengan metode ceramah, dimana nilai rata-rata ulangan harian stoikiometri peserta didik masih dibawah KKM yaitu sebesar 68,15. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan chemcard terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi stoikiometri kelas X MIPA di SMA Negeri 13 Semarang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan nonequivalent control group design. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA-2 dan X MIPA-4, dimana masing-masing kelas berjumlah 35. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, penyebaran angket dan tes serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan chemcard terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui analisis uji-t minat belajar dan hasil belajar dengan taraf signifikansi (2-tailed) secara berturut-turut sebesar 0,000 dan 0,012 < 0,05 serta hasil uji manova dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Adapun nilai rata-rata hasil minat belajar sebesar 51,89 (eksperimen) dan 47,91 (kontrol). Sedangkan nilai hasil belajarnya sebesar 83,00 (eksperimen) dan 75,43 (kontrol).