Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) berbasis green chemistry pencegahan korosi menggunakan ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava linn)

Main Author: Maulida, Rukha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18326/1/Skripsi_1808076041_Rukha_Maulida.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18326/
Daftar Isi:
  • Pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia sangat berdampak bagi aspek pendidikan, hal tersebut menyebabkan kegiatan pembelajaran di sekolah dialihkan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan PJJ menyebabkan peserta didik kesulitan memahami materi karena kegiatan PJJ mengharuskan peserta didik lebih banyak belajar materi secara mandiri. Berdasarkan permasalahan tersebut mengharuskan pendidik untuk menyiapkan bahan ajar bersifat interaktif yang mudah diakses oleh peserta didik, berbasis online dan dapat diakses melalui laptop ataupun handphone dari rumah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Green Chemistry, pada sub materi korosi 2) mengetahui tingkat kelayakan E-LKPD berdasarkan validasi ahli dan uji coba pengembangan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D dari Thiagarajan, Semmel, & Semmel (1974) yang terdiri atas tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA MAN 2 Grobogan dengan tahap uji coba initial developmental testing yang terdiri atas 36 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Hasil uji coba menunjukkan bahwa E-LKPD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar berbasis Green Chemistry berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan nilai rata-rata (X ̅) 4,27 termasuk kategori sangat valid. Hasil uji validasi ahli media produk E-LKPD memperoleh nilai rata-rata (X ̅) 4,07 masuk dalam kategori valid dari segi media. Berdasarkan uji coba kepraktisan kepada peserta didik diperoleh nilai rata-rata skor (X ̅) sebesar 4,6 termasuk kategori sangat praktis menurut peserta didik.