Efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Multiple Level Representation (MLR) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom

Main Author: Nadwah, Daimatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18325/1/Skripsi_1808076036_Daimatul_Nadwah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18325/
ctrlnum 18325
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18325/</relation><title>Efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Multiple Level Representation (MLR) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom</title><creator>Nadwah, Daimatul</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>Penerapan kurikulum 2013 menuntut pemanfaatan teknologi informasi untuk mencapai tujuan mata pelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan diantaranya yaitu penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis MLR dengan yang menggunakan PPT pada materi struktur atom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dan desain eksperimen nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA/MA yang menggunakan kurikulum 2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 32 siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis MLR dengan kelas kontrol yang menggunakan PPT. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t motivasi belajar didapatkan signifikansi (Sig.) 0,038&lt; 0,05 dan uji t hasil belajar didapatkan signifikansi (Sig.) 0,007&lt; 0,05. &#xD; &#xD; Abstract:&#xD; The implementation of the 2013 curriculum requires the use of information technology to achieve subject objectives. The use of information technology in the world of education includes the use of learning media. This study aims to determine the differences in motivation and learning outcomes between classes taught using MLR-based interactive learning media and those taught using PPT on atomic structure material. This research is a quantitative research with quasi-experimental research method and non-equivalent control group design experimental design. The population in this study were all students of class X IPA SMA/MA who used the 2013 curriculum. The samples used in this study were 32 students of class X MIPA 1 as the experimental class and 32 students of class X MIPA 2 as the control class. Sampling was done by purposive sampling technique. There are differences in students' motivation and learning outcomes in the experimental class which is taught using MLR-based interactive learning media with the control class which is taught using PPT. This is evidenced by the results of the t test of learning motivation obtained a significance (Sig.) 0.038 &lt;0.05 and the t-test learning outcomes obtained a significance (Sig.) 0.007 &lt;0.05.</description><date>2022-07-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18325/1/Skripsi_1808076036_Daimatul_Nadwah.pdf</identifier><identifier> Nadwah, Daimatul (2022) Efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Multiple Level Representation (MLR) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>18325</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nadwah, Daimatul
title Efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Multiple Level Representation (MLR) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom
publishDate 2022
isbn 9781808076039
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
540 Chemistry and allied sciences
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18325/1/Skripsi_1808076036_Daimatul_Nadwah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18325/
contents Penerapan kurikulum 2013 menuntut pemanfaatan teknologi informasi untuk mencapai tujuan mata pelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan diantaranya yaitu penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis MLR dengan yang menggunakan PPT pada materi struktur atom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dan desain eksperimen nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA/MA yang menggunakan kurikulum 2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 32 siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis MLR dengan kelas kontrol yang menggunakan PPT. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t motivasi belajar didapatkan signifikansi (Sig.) 0,038< 0,05 dan uji t hasil belajar didapatkan signifikansi (Sig.) 0,007< 0,05. Abstract: The implementation of the 2013 curriculum requires the use of information technology to achieve subject objectives. The use of information technology in the world of education includes the use of learning media. This study aims to determine the differences in motivation and learning outcomes between classes taught using MLR-based interactive learning media and those taught using PPT on atomic structure material. This research is a quantitative research with quasi-experimental research method and non-equivalent control group design experimental design. The population in this study were all students of class X IPA SMA/MA who used the 2013 curriculum. The samples used in this study were 32 students of class X MIPA 1 as the experimental class and 32 students of class X MIPA 2 as the control class. Sampling was done by purposive sampling technique. There are differences in students' motivation and learning outcomes in the experimental class which is taught using MLR-based interactive learning media with the control class which is taught using PPT. This is evidenced by the results of the t test of learning motivation obtained a significance (Sig.) 0.038 <0.05 and the t-test learning outcomes obtained a significance (Sig.) 0.007 <0.05.
id IOS2754.18325
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:29Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:29Z
recordtype dc
_version_ 1765821684370112512
score 17.538404