Pengaruh kualitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap kinerja guru sekolah dasar Negeri di era covid-19 Se-Kecamatan Ngaliyan

Main Author: Apriliani, Devi Renia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18303/1/1803036053_Devi%20Renita%20Apriliani_full%20Skripsi%20-%20Devirenita%20Apriliani.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18303/
Daftar Isi:
  • Di era covid-19 ini dunia pendidikan diharuskan bertransformasi untuk mengalihkan kegiatan belajar tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ), dengan tujuan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19. Adapun kinerja guru di era covid-19 ini dituntut untuk lebih efektif dan efisien guna mencetak generasi siswa berkualitas meskipun dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Adapun rumusan masalah penelitian ini; “Berapa besar pengaruh kualitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di era covid-19 Se-kecamatan Ngaliyan?”. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri yang tersebar di Kecamatan Ngaliyan. Sekolah Dasar tersebut antara lain SDN Podorejo 01, SDN Podorejo 02, SDN Podorejo 03, SDN Beringin 01, SDN Ngaliyan 01, SDN Purwoyoso 02, dan SDN Wonosari 03. Sampel tersebut diambil secara random terhadap kelompok (cluster random sampling). Adapun jumlah sampel yang berhasil diambil oleh peneliti adalah 78 guru dari 7 sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap kinerja guru sebesar 58.1 % dan sisanya 41.9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model. Pada SPSS 26.0, dengan uji T diperoleh T_hitung sebesar 10.273 > T_tabel 5% 1.991, hal ini berarti kualitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak.