Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di MA Uswatun Hasanah Semarang

Main Author: Miftahuddin, Miftahuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18297/1/1703036091_Miftahuddin_Skripsi%20Lengkap%20-%20MASMIP%20TV.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18297/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas belajar guru. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data yang sudah dikumpulkan berupa kata-kata, tertulis gambar dan bukan sebuah angka. Penelitian ini dilakukan di MA Uswatun Hasanah Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data wawancara diperoleh dari kepala madrasah dan guru di MA Uswatun Hasanah Semarang. Data observasi diperoleh melaui observasi secara langsung mengenai kegiatan supervisi kepala madrasah di MA Uswatun Hasanah Semarang. Dan didukung dengan bukti dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi kepala madrasah sudah berjalan sesuai dengan pedoman supervisi dan penilaian kinerja guru. Faktor pendukung supervisi di MA Uswatun Hasanah selain dari kesiapan guru yang bersedia disuoervisi, terdapat faktor lain yang lebih utama adalah kecakapan kepala madrasah. Kepala madrasah perlu mengetahui kemampuan guru dalam mengajar, apakah guru tersebut dapat dikatakan sebagai guru profesional atau masih memerlukan banyak binaan, disini adanya kerjasama antara guru dan guru serta guru dan kepala sekolah. Pelaksanaan supervisi kepala madrasah di MA Uswatun Hasanah memberikan implikasi yang cukup signifikan bagi peningkatan kualitas pembelajaran guru.