Analisis kesulitan belajar matematika pada materi turunan fungsi trigonometri ditinjau dari kemampuan representasi simbolik siswa kelas XII MAS Simbangkulon

Main Author: Humam, Muhammad Faiqul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18275/1/Skripsi_1808056072_Muhammad_Faiqul_Humam.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18275/
ctrlnum 18275
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18275/</relation><title>Analisis kesulitan belajar matematika pada materi turunan fungsi trigonometri ditinjau dari kemampuan representasi simbolik siswa kelas XII MAS Simbangkulon</title><creator>Humam, Muhammad Faiqul</creator><subject>516 Geometry</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa yang hasil belajar di bawah standar minimal yang ditetapkan, siswa yang masih kebingungan memahami konsep dasar turunan trigonometri, serta kurangnya antusiasa siswa dalam pembelajaran matematika di kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan kemampuan representasi simbolik serta mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas XII MAS Simbangkulon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana datanya dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan wawancara.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi simbolik siswa terbagai dalam tiga kategori, yaitui siswa yang memiliki kemampuan representasi simbolik tinggi sebanyak 22 siswa atau sebesar 26,50%, siswa yang memiliki kemampuan representasi simbolik sedang sebanyak 41 siswa atau sebesar 49,40%, dan siswa yang memiliki kemampuan representasi simbolik rendah sebanyak 20 siswa atau 24,10% dari keseluruhan kelas XII MIA 1 dan XII MIA. Siswa pada kategori representasi simbolik tinggi tidak memiliki kesulitan pada semua indikator yang ditetapkan baik dalam membedakan angka, simbol, dan bangun ruang; mengulang dalil &#x2013; dalil matematika; menuliskan angka yang tidak terbaca atau berukuran kecil; memahami simbol matematika; kemampuan berpikir abstrak; dan kemampuan metakognisi. Siswa pada kategori sedang hanya memiliki kesulitan dalam menuliskan angka yang tidak terbaca atau berukuran kecil. Adapun siswa pada kategori rendah memiliki kesulitan belajar pada semua indikator yang ditetapkan.</description><date>2022-06-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18275/1/Skripsi_1808056072_Muhammad_Faiqul_Humam.pdf</identifier><identifier> Humam, Muhammad Faiqul (2022) Analisis kesulitan belajar matematika pada materi turunan fungsi trigonometri ditinjau dari kemampuan representasi simbolik siswa kelas XII MAS Simbangkulon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>18275</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Humam, Muhammad Faiqul
title Analisis kesulitan belajar matematika pada materi turunan fungsi trigonometri ditinjau dari kemampuan representasi simbolik siswa kelas XII MAS Simbangkulon
publishDate 2022
isbn 9781808056079
topic 516 Geometry
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18275/1/Skripsi_1808056072_Muhammad_Faiqul_Humam.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18275/
contents Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa yang hasil belajar di bawah standar minimal yang ditetapkan, siswa yang masih kebingungan memahami konsep dasar turunan trigonometri, serta kurangnya antusiasa siswa dalam pembelajaran matematika di kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan kemampuan representasi simbolik serta mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas XII MAS Simbangkulon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana datanya dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi simbolik siswa terbagai dalam tiga kategori, yaitui siswa yang memiliki kemampuan representasi simbolik tinggi sebanyak 22 siswa atau sebesar 26,50%, siswa yang memiliki kemampuan representasi simbolik sedang sebanyak 41 siswa atau sebesar 49,40%, dan siswa yang memiliki kemampuan representasi simbolik rendah sebanyak 20 siswa atau 24,10% dari keseluruhan kelas XII MIA 1 dan XII MIA. Siswa pada kategori representasi simbolik tinggi tidak memiliki kesulitan pada semua indikator yang ditetapkan baik dalam membedakan angka, simbol, dan bangun ruang; mengulang dalil – dalil matematika; menuliskan angka yang tidak terbaca atau berukuran kecil; memahami simbol matematika; kemampuan berpikir abstrak; dan kemampuan metakognisi. Siswa pada kategori sedang hanya memiliki kesulitan dalam menuliskan angka yang tidak terbaca atau berukuran kecil. Adapun siswa pada kategori rendah memiliki kesulitan belajar pada semua indikator yang ditetapkan.
id IOS2754.18275
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:28Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:28Z
recordtype dc
_version_ 1765821684025131008
score 17.538404