Efektivitas model Conceptual Understanding Procedures (CUPS) berbantuan LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP N 2 Tambakromo
Main Author: | Fadilah, Rizki Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18274/1/Skripsi_1808056064_Rizki_Nur_Fadilah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18274/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep peserta didik di SMP N 2 Tambakromo yang masih rendah, Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui keefektifan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik kelas VIII SMP N 2 Tambakromo. Penelitian ini menggunakan True Eksperimental Design dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Didapatkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 27 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD berbasis etnomatematika lebih baik dari pada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Tambakromo.