Pengembangan media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline

Main Author: Qonita, Nurul Atsna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18269/1/Skripsi_1808076027_Nurul_Atsna_Qonita.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18269/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran dengan media konvensional menyebabkan siswa cenderung bosan dan menjadi penyebab kurangnya minat, motivasi, dan berpikir kritis. Era digital menuntut calon guru untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbantuan articulate storyline berbasis green chemistry pada materi minyak bumi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap develop. Kajian penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Hasil validasi produk dilakukan oleh para ahli dengan menggunakan analisis data Aiken’s V. Hasil validitas memperoleh nilai sebesar 0,82 dengan kategori sangat tinggi. Adapun hasil uji coba skala kecil mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan persentase rata-rata 71%. Berdasarkan hasil penilaian dan respon tersebut media pembelajaran layak digunakan sebagai media belajar mandiri dan bisa dilanjutkan penelitian ke tahap disseminate (implementasi skala besar).