Pengembangan elektronik unit kegiatan belajar mandiri (e-UKBM) terintegrasi kearifan lokal menggunakan liveworksheet pada materi gelombang bunyi SMA/MA

Main Author: Muna, Roy Hidayatum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18268/1/Skripsi_1808066043_Roy_Hidayatum_Muna.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18268/
Daftar Isi:
  • Pengembangan bahan ajar elektronik unit kegiatan belajar mandiri (E-UKBM) terintegrasi kearifan lokal menjadi bahan ajar pendukung SKS, yang diproyeksikan sebagai menunjang pembelajaran di sekolah. Penelitian pengembangan E-UKBM dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui desain penyusunan, validitas, kepraktisan, dan hasil belajar siswa setelah menggunakan produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE (analys, design, develop, implement, and evaluate). Sampel yang digunakan sebanyak 38 siswa kelas XI MIPA di MAN 02 Pati yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan materi yang di analisis menggunakan rumus Aiken’s V untuk mengetahui tingkat kevalidan produk dan dilakukan uji kepraktisan produk menggunakan angket respon siswa. Perolehan rata-rata hasil belajar diperoleh dari pembelajaran melalui empat kali pertemuan. E-UKBM ini diperoleh rat-rata keseluruhan aspek validasi ahli media V=0,95 (sangat valid), aspek substansi materi dengan rata-rata keseluruhan nilai V=0,91 (sangat valid), nilai kepraktisan produk sebesar 75,38% (praktis) dan rata-rata hasil ketuntasan belajar peserta didik sebesar 81,84 (Tuntas) berada diatas KKM sekolah yaitu 75. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan E-UKBM yang dikembangkan dapat memfasilitasi kegiatan belajar.