Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit

Main Author: Zahroh, Wahyuni Minatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18251/1/Skripsi_1808076018_Wahyuni_Minatus_Zahroh.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18251/
Daftar Isi:
  • Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi karena bahan ajar yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar kimia di MA Tarbiyatul Banin Pekalongan kurang menarik minat peserta didik untuk belajar, belum berbasis pemecahan masalah dan belum memanfaatkan media elektronik seperti smartphone atau laptop. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada tahap disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu bagi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Tarbiyatul Banin Pekalongan. Karakteristik e-LKPD berbasis PBL hasil pengembangan berupa FlipBook digital yang menyajikan langkah kegiatan belajar sesuai dengan sintak pembelajaran PBL. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis PBL ini valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi dari ahli media diperoleh rata-rata sebesar 0,96 dengan kategori valid, sedangkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata 0,95 dengan kategori valid, sedangkan hasil respon peserta didik menunjukkan persentase rata-rata sebesar 81,3% pada tiap aspek yang termasuk dalam kategori baik dan praktis untuk digunakan.