Pengembangan electronic module (e-module) berorientasi multipel representasi kimia pada materi ikatan kimia
Main Author: | Pranata, Bayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18249/1/Skripsi_1808076013_Bayu_Pranata.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18249/ |
Daftar Isi:
- Pandemi COVID-19 menyebabkan peserta didik melakukan pembelajaran mandiri, sehingga sangat membutuhkan media pembelajaran. Kurangnya pemahaman konsep peserta didik pada materi ikatan kimia yang bersifat abstrak menjadi salah satu permasalahan dalam pembelajaran kimia. Pengembangan media belajar berupa e-module berorientasi multipel representasi kimia pada materi ikatan kimia dilakukan untuk mengatasi kurangnya media belajar. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bangko Pusako dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4-D yang hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran instrumen angket uji kelayakan dan kepraktisan. Aspek penilaian produk mencakup syarat didaktik, konstruksi, dan teknis. Data hasil uji kelayakan produk oleh ahli media sebesar 88,23%, uji kelayakan ahli materi sebesar 80% dan uji kepraktisan oleh dua guru mata pelajaran sebesar 80% serta respon kepraktisan oleh peserta didik mendapatkan persentase sebesar 88,66%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berorientasi multipel representasi kimia dinyatakan layak dan praktis dimanfaatkan sebagai media belajar.