Efektivitas pembelajaran berbasis Chemo-Edutainment untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Dompu
Main Author: | Amaliyah, Nur Inayah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18248/1/Skripsi_1808076003_Nur_Inayah_Amaliyah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18248/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis chemo-edutainment untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta diidk kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Dompu. Sampel yang digunakan sebanyak 35 peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 35 peserta didik kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Chemo-Edutainment efektif meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi asam basa yang dibuktikan melalui uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji t-independent. Hasil uji t-independent untuk motivasi belajar nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, sedangkan hasil belajar nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,025 < 0,05 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.