Efektivitas metode pembelajaran flipped learning melalui aplikasi edmodo untuk meningkatkan penalaran matematis dan kemandirian belajar pada materi barisan dan deret

Main Author: Khardita, Deby Ashri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18238/1/Skripsi_1808056035_Deby_Ashri_Khardita.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18238/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penalaran matematis dan kemandirian belajar pada materi barisan dan deret dengan menggunakan metode pembelajaran flipped learning melalui aplikasi edmodo dikelas XI MIPA SMAN 01 Musi Rawas dengan jumlah 100 siswa. Berdasarkan hasil uji paired sample T-test penalaran matematis dan kemandirian belajar sama-sama mempunyai nilai p-value sebesar 0,000 artinya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol < 0.05, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan berdasarkan uji n-gain rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa metode Pembelajaran Flipped Learning melalui Aplikasi Edmodo pada penalaran matematis dan kemandirian belajar materi barisan dan deret lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional ceramah.