Analisis literasi digital siswa dalam pembelajaran matematika jarak jauh di SMK N 1 Sungailiat tahun pelajaran 2021/2022

Main Author: Tinaningsih, Riza Okva
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18237/1/Skripsi_1808056027_Riza_Okva_Tinaningsih.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18237/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan dilakukannya pembelajaran jarak jauh karena adanya pandemi covid-19, sehingga siswa dituntut untuk menggunakan teknologi digital dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini berkaitan dengan kemampuan literasi digital matematika diperlukan oleh siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi digital siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Sungailiat dalam pembelajaran matematika jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital siswa terdiri dari 4 kategori, yaitu kategori baik, cukup, kurang, dan kurang sekali. Terdapat 1 siswa yang memiliki literasi digital kategori baik dengan persentase 2,86%, siswa yang menunjukkan memiliki literasi digital kategori cukup terdapat 26 siswa dengan dengan persentase 74,28%, siswa yang menunjukkan memiliki literasi digital kategori kurang terdapat 7 siswa dengan persentase 20%, dan terdapat 1 siswa yang menunjukkan memiliki literasi digital kategori kurang sekali dengan persentase 2,86%.