Peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Gebangsari 02 Genuk Semarang

Main Author: Arifin, Iqbal Fadli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18226/1/1703036060_Iqbal%20Fadli%20Arifin_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20iqbal%20fadlia.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18226/
Daftar Isi:
  • Peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik dalam meningkatkan Kinerja Guru?. 2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun teknis analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Gebangari 02 sebagai berikut, 1) kepala sekolah melakukan pembinaan di dalam sekolah serta di luar sekolah. pembinaan yang dilakukan di dalam sekolah adalah rapat rutinan, diskusi secara individu, penilaian, dan kunjungan kelas, pembinaan yang dilakukan di luar sekolah adalah mengikut sertakan guru dalam pelatihan workshop dan kelompok kerja guru. 2) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah sebagai berikut: a) faktor pendukung, terpenuhinya sarana dan prasarana, antusias guru ikut serta dalam pelatihan, b) faktor penghambat, sulit memahami tentang teknologi bagi beberapa guru sepuh dikarenakan faktor usia.