Upaya meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun dengan metode islamic montessori di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Desa Genuksari

Main Author: Wulansari Ar, Noviyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18198/1/Skripsi_1803106057_Noviyanti_Wulansari_Ar.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18198/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun dengan metode Islamic Montessori di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun yang masih kurang di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Desa Genuksari. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Desa Genuksari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Genuk pada pokok bahasan deskripsi siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April selama 3 minggu, bertempat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Desa Genuksari dengan jumlah 15 anak dengan 3 siklus yang terdiri dari 1 kali pertemuan dalam 1 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada proses pembelajaran peneliti menerapkan prinsip dasar pembelajaran metode montessori dan Islamic montessori yakni kebebasan, kemandirian anak, disiplin, menghargai anak, mempersiapkan lingkungan. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada pra siklus diperoleh hasil 40 % anak masih mulai berkembang, dan 60% berkembang baik serta 0% anak berkembang sangat baik nilai agama dan moral karena metode yang digunakan kurang kreatif dan inovasi. Sehingga anak belum mengenal Tuhan melalui ciptaannya, mengenal perilaku baik, buruk, sopan santun, membiasakan perilaku baik kepada teman maupun orang yang lebih tua, membiasakan mengucapkan salam dan membalas salam, dan anak belum dapat menirukan melafalkan surat pendek Al-Quran. Pada siklus 1 dan 2 persentase yang diperoleh dinyatakan berhasil dengan tingkat kesulitan membiasakan anak berperilaku baik terhadap teman, membiasakan mengucapkan salam dan membalas salam serta anak belum mampu menirukan dan melafalkan surat pendek Al-Qur’an. Sedangkan siklus 3 hasil persentase anak adalah mulai berkembang 0%, berkembang baik 13% dan berkembang sangat baik 87% dinyatakan berhasil.