Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan wali peserta didik di lembaga pendidikan MTS Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara
Main Author: | Aba, Muhammad Mekki Al Madani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18184/1/Skripsi_1803036120_Muhammad_Mekki_Al_Madani_Aba.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18184/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas manajemen strategi bauran pemasaran lembaga pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga jasa pendidikan terhadap kepuasan wali peserta didik di lembaga pendidikan MTs Miftahul Huda Bulungan. Jenis penelitian ini dalam kategori penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode silang atau disebut Cross-Sectional. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah wali peserta didik kelas VII dan VIII dari MTs Miftahul Huda Bulungan. Pengambilan sampel berjumlah 157 wali peserta didik dengan menggunakan teknik teknik Probability Sampling berupa Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner atau angket. Setelah data terkumpul dari kuesioner, dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas angket untuk mendapatkan olah data yang obyektif. Kemudian data dicek terlebih dahulu menggunakan uji asumsi klasik untuk diketahui normalitas, multikolinearitas dan heterokedastisitas. Lalu data diolah dan dianalisis menggunakan uji t, analisis regresi linear sederhana, uji f, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Bahwa kualitas produk dan harga jasa pendidikan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wali peserta didik dalam menyekolahkan anaknya di MTs Miftahul Huda Bulungan. Temuan tersebut dapat memberikan acuan bagi lembaga, untuk meningkatkan kepuasan wali peserta didik dalam menyekolahkan anak di MTs Miftahul Huda Bulungan.