Implementasi kegiatan Jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang
Main Author: | Nahdah, Huwaida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18182/1/Skripsi_1803106049_Huwaida_Nahdah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18182/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang implementasi kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang. Penelitian ini bertjujuan untuk memperoleh suatu gambaran mengenai penerapan dari kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana implementasi kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang (2) Apa faktor pendukung kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti membuat deskripsi secara faktual, akurat, dan sistematis mengenai peristiwa yang sedang diteliti. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala TK dan guru kelas. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang sudah bisa dikatakan berhasil terbukti dengan terwujudnya kebiasaan peduli lingkungan anak sehari-hari dalam menjaga kebersihan lingkungan seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempanya, dan membereskan mainan setelah digunakan. Kemudian terpenuhinya sarana dan prasarana seperti penyediaan tempat cuci tangan dan penyediaan tempat sampah didepan kelas masing-masing menjadi faktor pendukung kegiatan jum’at bersih ini. Faktor pendukung yang lainnya adalah pendidik yang berkompeten, dimana pendidik mampu memberikan pengarahan, motivasi, serta contoh yang baik kepada anak dalam mengikuti kegiatan ini.