Manajemen sarana dan prasarana dalam peningkatan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit Muaro Jambi
Main Author: | Kholifah, Eling Retno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18178/1/Skripsi_1803036116_Eling_Retno_Kholifah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18178/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilan dan peningkatan sekolah khususnya dalam pembelajaran ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya, yakni: keberhasilan dalam proses pengelolaan sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana, dan metodenya. Peneliti mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit Muaro Jambi? 2) Bagaimana implikasi manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit Muaro Jambi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana dan implikasinya di Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yakni pendekatan yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah An-Nur tangkit dimulai dari perencanaan yang disusun oleh kepala madrasah, waka sarana dan prasarana serta staf dan disetujui oleh pimpinan pondok, pengadaan dilakukan dengan cara pembelian dan hibah dari alumni, inventarisasi yakni pencatatan barang sekolah, pendistribusian dan pemanfaatan dilakukan oleh kepala sekolah, waka sarana dan prasarana dibantu guru dan disalurkan kepada siswa dan siswi pemeliharaan dilakukan oleh seluruh warga sekolah, penghapusan dilakukan oleh kepala madrasah, waka sarana dan prasarana beserta OPPN. Implikasi manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah yakni membantu guru dalam penyampaian materi, memudahkan siswa dan siswi dalam pemahaman materi dan meluluskan siswa dan siswi berprestasi.