Pengembangan kreativitas membuat motif batik dengan teknik ecoprint pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Assalam Desa Galih Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal

Main Author: Irmayanti, Irmayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18174/1/Skripsi_1803106038_Irmayanti.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18174/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Kreativitas Membuat Motif Batik Dengan Teknik Ecoprint Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Assalam Desa Galih Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kreativitas membuat motif batik dengan teknik ecoprint pada anak usia 4-5 Tahun. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana pengembangan kreativitas membuat motif batik dengan teknik ecoprint pada anak usia 4- 5 tahun di PAUD Assalam Desa Galih Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kreativitas membuat motif batik dengan teknik ecoprint pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Assalam Desa Galih Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari kesimpulan penelitian ini menujukan bahwa pengembangan kreativitas membuat motif batik dengan teknik ecoprint pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Assalam di Desa Galih Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal anak tertarik pada kegiatan kreatif karena tujuan dari pengembangan kreativitas untuk anak di PAUD Assalam khususnya kelompok A supaya anak memiliki jiwa kreatif. Adapun pengembangan kreativitas membuat motif batik dengan teknik ecoprint adalah dari kegiatan meniru yang dapat dikembangankan diantaranya kelincahan, kelancaran, keluwesan, keaslian, dan ketelitian. Kemudian terpenuhinya sarana dan prasarana yang memadahi, Guru yang kompeten dan kerjasama orang tua, ketiga hal tersebut merupakan faktor yang dapat mendukung pengembangan keativitas anak. Faktor penghambatnya yaitu orang tua dan individu dalam diri anak. karena anak tidak diberikan kebebasan dalam berkreasi.