Pengembangan platform pembelajaran biologi berbasis website untuk praktikum daring siswa kelas XI semester I

Main Author: Kismunthofiah, Kismunthofiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18168/1/Skripsi_1808086017_Kismunthofiah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18168/
Daftar Isi:
  • Pada masa pembelajaran daring, siswa mengalami banyak kendala yang menyebabkan praktikum tidak dapat berjalan dengan baik, terlebih bagi sekolah yang mengalami kendala fasilitas laboratorium. Siswa juga membutuhkan media yang dapat digunakan untuk belajar mandiri serta berulang – ulang. Oleh karena itu peneliti mengembangkan website dengan mengintegrasikan komponen pembelajaran (sumber belajar, bahan ajar, media, metode dan evaluasi) untuk praktikum secara daring. Tujuan penelitian adalah mengembangkan website pembelajaran biologi pada kelas XI MIPA Semester 1. Jenis penelitian yang digunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Analisis data menggunakan studi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website layak digunakan dalam praktikum biologi menurut penilaian ahli media (76,7%), ahli materi (80%), guru biologi (83,53%) serta uji skala terbatas kepada siswa (87,2%) sehingga diperoleh persentasi kelayakan rata - rata sebesar 81,86% (sangat layak).