Korelasi kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa di MAN Temanggung pada materi sistem ekskresi
Main Author: | Azzahro, Fathia Zaitun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18153/1/Skripsi_1808086072_Fathia_Zaitun_Azzahro.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18153/ |
Daftar Isi:
- Abad XXI menjadikan teknologi dan informasi mempengaruhi setiap aspek kehidupan dan dikenal sebagai transisi dari masyarakat industri ke masyarakat pengetahuan yang memudahkan akses informasi dari seluruh dunia. Perkembangan ini dapat memberikan dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan. Penyebaran informasi yang tidak terkendali di seluruh dunia telah memicu ledakan digital yang tinggi. Akibatnya, masyarakat sulit memilah informasi yang dibutuhkan dan terkadang sulit untuk membedakan antara sumber terpercaya, hoax atau opini. Untuk mempersiapkan siswa abad ke XXI menjadi pelajar yang mampu di masa depan, pendidik di seluruh dunia mempromosikan berbagai keterampilan untuk memenuhi tantangan perkembangan abad ke XXI. Keterampilan yang dimaksud adalah literasi digital yaitu keterampilan individu dalam menggunakan, memproduksi, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi media digital dengan benar dan tepat. Penelitian ini menganalisis ada tidaknya korelasi kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa MAN Temanggung pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kemampuan literasi digital siswa MAN Temanggung berada pada kategori tinggi (78,50%) dengan jumlah responden 72 siswa yang terdiri dari empat indikator, yaitu pencarian di internet (79,23%), pandu arah hypertext (77,15%), evaluasi konten informasi (80,27%), dan penyusunan pengetahuan (77,36%). Tidak ada korelasi yang signifikan antara kemampuan literasi digital dengan hasil belajar kognitif siswa MAN Temanggung pada materi sistem vii ekskresi. Kesimpulan ini didukung oleh hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai sig 0,396 > 0,05.