Strategi rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan di MI Nurul Ulum Kesuben Kab. Tegal

Main Author: ‘Aisy, Rihhada
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18136/1/Skripsi_1803036103_Rihhada_Aisy.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18136/
Daftar Isi:
  • Tenaga Pendidik dan Kependidikan merupakan penggerak utama dan penentu keberhasilan instansi sekolah, sehingga tenaga pendidik dan kependidikan menjadi komponen penting dalam sebuah instansi sekolah. Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkompeten maka diperlukan kegiatan rekrutmen yang dilaksanakan secara matang dan terstruktur. Semakin baik pelaksanaan rekrutmen maka semakin mudah organisasi mendapatkan sumber daya manusia yang memiliki tingkat kompetensi dan kualitas yang baik. Selain itu, tujuan organisasi segera tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan di MI Nurul Ulum Kesuben Kab. Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian hasil data yang diperoleh dianalisis sehingga data tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan di MI Nurul Ulum Kesuben sudah cukup bagus dilihat dari pelaksanaan kegiatan rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan yang hanya merealisasikan 4 dari 8 tahap yang telah ditentukan sesuai dengan teori Diana Hertati. (2) Kendala yang dialami saat rekrutmen yakni belum adanya tim rekrutmen yang paten, kurangnya penyebaran informasi rekrutmen sehingga pelamar yang mendaftar minimalis. (3) Tidak linearnya ijazah dengan jabatan yang diampu tenaga pendidik dan kependidikan.