Pembentukan kepribadian anak menurut etika Imam Al-Ghazali studi kasus di TPQ 11 Nurul Huda Sukomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal

Main Author: Alfatekha, Rahmania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18116/1/Skripsi_1804016061_Rahmania_Alfatekha.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18116/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas Pembentukan Kepribadian Anak Menurut Etika Imam Al Ghazali: (Studi Kasus di TPQ 11 Nurul Huda Sukomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal). Kajiannya dilatarbelakangi oleh kemerosotan etika pada anak seiring berkembangnya zaman. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep etika menurut imam Al Ghazali untuk dijadikan acuan atau pembelajaran agar terbentuknya akhlak yang mulia dan senantiasa tercermin dalam kehidupan sehari-harinya. 2) Pandangan Imam Al Ghazali terkait konsep pembentukan etika anak untuk menjadikan anak berkepribadian baik. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif yang datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Sementara pemeriksa keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu serta kelengkapan referensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep etika Imam Al Ghazali adalah dengan menjalankan adab atau tugas-tugas seorang murid dan guru. 2) Pandangan konsep etika Imam Al Ghazali terkait pembentukan etika anak yaitu dengan membagi dalam beberapa metode. Metode pembentukan kepribadian anak dalam kitab Ayyuhal Walad karangan Imam Al Ghazali sangat beragam dan mudah dipahami. Metode-metode tersebut yaitu metode keteladanan, metode disiplin, Metode ikhlas, metode jujur, metode nasehat dan meode pembiasan. pandangan Imam Al Ghazali terkait pembentukan etika dalam kitab Ayyuhal Walad sangat baik untuk membentuk kepribadian anak.