Hubungan kecerdasan emosional dengan Hasil belajar kognitif matematika Siswa kelas IV Mi Islamiyah PodorejoNgaliyan Semarang tahun ajar 2021/2022

Main Author: Lu’luatul Masykuroh, Lu’luatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18108/1/Skripsi_1803096121_%20Lu%60Luatul_Masykuroh.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18108/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IV MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Semarang tahun ajar 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari 42 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas IV, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif matematika yang diperoleh dari data nilai murni UAS semester genap mata pelajaran matematika kelas IV. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis perhitungan telah diperoleh r hitung = 0,609. Untuk taraf signifikansi 5% dengan df = 42 – 2 = 40 diperoleh r tabel = 0,304. Untuk taraf signifikasi 5% = 0,609 > 0,304. Karena r hitung > rtabel maka hipotesis diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IV MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Semarang tahun ajar 2021/2022.