Hubungan antara lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar siswa kelas V MI Baiturrahim Kinibalu Semarang Tahun Ajaran 2021/2022
Main Author: | Rahmawati, Riyantika Diah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18107/1/Skripsi_1803096113_Riyantika_Diah_Rahmawati.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18107/ |
Daftar Isi:
- Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana hubungan antara lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar siswa kelas V MI Baiturrahim Kinibalu Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berjenis korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V MI Baiturrahim Kinibalu Semarang Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 22 responden. Data yang dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang lingkungan keluarga dan kemandirian belajar. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data foto, profil sekolah, daftar nama siswa serta data lainnya. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy diperoleh hasil rhitung = 0,471. Untuk taraf signifikansi 5% dengan N = 22 diperoleh rtabel = 0,423. Karena rhitung > rtabel maka Hipotesis diterima Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar siswa kelas V MI Baiturrahim Kinibalu Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Artinya, semakin baik lingkungan keluarga, maka cenderung semakin baik pula kemandirian siswa dalam belajar. Dengan konstribusi positif variabel (X) lingkungan keluarga terhadap variabel (Y) kemandirian belajar sebesar 22%. Adapun sisanya 78% dipengaruhi oleh faktor lain.