Pengaruh media diorama dalam pembelajaran tema 9 subtema 1 (benda tunggal dan campuran ) terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Salafiyah Kajen Pati Tahun Pelajaran 2021/2022
Main Author: | Askiya, Isna Dina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18106/1/Skripsi_1803096098_Isna_Dina_Askiya.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18106/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam pembelajaran tematik adalah banyak siswa yang kesulitan menyerap pembelajaran, guru hanya memberikan materi tanpa menggunakan media. Menurut Sabri (1995:88) kesulitan belajar yaitu kesukaran siswa dalam menerima atau menyerap pelajaran disekolah. Dengan menggunakan media diorama dapat dimanfaatkan untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada tema 9 subtema 1 pembelajaran 4 materi kenampakan alam di Indonesia menggunakan media diorama. Metode yang digunakan adalah adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dari hasil perhitungan analisis pengaruh 2 variabel diperoleh hasil rbis =0,836 > rtabel = 0,553 untuk taraf signifikan 5%, makaH0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa.