Persepsi guru terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Semarang

Main Author: Amalia, Indah Sholikhatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18104/1/Skripsi_1803096085_Indah_Sholikhatul_Amali.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18104/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi guru terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah, faktor penghambat yang dihadapi oleh dewan guru selama melaksanaan pembelajaran daring serta solusi dari faktor penghambat selama melaksankan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Semarang mendapatkan respon positif. Dewan guru menjadi melek teknologi dengan beberapa pelatihan yang diadakan oleh kepala sekolah. Kendati pada awalnya terjadi kepanikan dan kebingungan mengalihkan pembelajaran normal ke pembelajaran daring, namun seiring tuntutan kebutuhan pendidikan ternyata para guru mampu menyesuaikan diri dan mengembangkan skill mereka untuk mendukung pembelajaran yang lebih baik. Hanya sebagian kecil guru yang masih kesulitan dan itupun tetap dibantu dan mendapatkan pendampingan untuk bisa mengelola pembelajaran secara daring