Strategi kepemimpinan kepala madrasah di masa school reopening (studi kasus: MA Darul Ulum Kota Semarang)
Main Author: | Masruroh, Anis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18101/1/Skripsi_1803036096_Anis_Masruroh.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18101/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya hasil belajar peserta didik karena adanya covid-19 yang menjadikan penutupan sekolah, yang berakibat sistem pembelajaran yang kurang maksimal, infrastruktur pengajaran online yang buruk, kurangnya pengalaman guru. Oleh karena itu, secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi kepemimpinan kepala madrasah di masa school reopening, penelitian ini dilaksanakan di MA Darul Ulum Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi data. Adapun teknis analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan kepala madrasah di masa school reopening sebagai berikut, (1) Strategi kepala madrasah dalam keberhasilan pelaksanaan program school reopening yaitu dengan adanya analisis lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, serta evaluasi strategi. (2) School reopening ini diharapkan dapat menjadi jendela baru guna memperbaiki kesenjangan dalam proses pembelajaran jarak jauh. (3) School reopening memberikan implikasi yang cukup signifikan bagi peningkatan hasil belajar peserta didik dan kualitas mengajar guru.