Peningkatan kemampuan kognitif kelompok B melalui kegiatan sains “pelangi dalam gelas” di TK Al Hidayah 7 Semarang tahun ajaran 2021/2022

Main Author: Adzani, Alifia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18088/1/Skripsi_1803106023_Alifia_Adzani.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18088/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui kegiatan sains “Pelangi dalam Gelas” di TK Al Hidayah 7 Palebon Semarang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B1 TK Al Hidayah 7 Palebon Semarang dengan jumlah anak 17 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kognitif anak setelah adanya tindakan melalui kegiatan sains. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing masing siklus terjadi tiga kali pertemuan. Pada saat dilakukan observasi pra siklus kemampuan kognitif anak sebesar 35%, kemudian mengalami peningkatan yang didominasi dengan keingintahuan anak pada siklus I menjadi 65%, dan pada pelaksanaan siklus II meningkat jauh lebih baik pada indikator perkembangan kognitif meliputi menunjukkan aktivitas yang bersifat mengeksplor, memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari hari dan dalam menerapkan pengetahuan pada konteks baru menjadi 88%. Dengan hasil tersebut maka sudah menunjukkan kategori keberhasilan.