Peran guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral melalui pembiasaan hafalan surat - surat pendek di TK Al-Hidayah 7 Pedurungan Semarang
Main Author: | Zahroh, Fatimatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18079/1/Skripsi_1803106005_Fatimatul_Zahroh.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18079/ |
Daftar Isi:
- Guru merupakan seorang pendidik, pembimbing, pelatih, dan pemimpin yang dapat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak di sekolah. Usia Dini adalah saat-saat yang paling baik bagi guru untuk mengembangkan nilai agama dan moral pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pern guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral melalui pembiasaan hafalan surat-surat pendek di TK Al-Hidayah 7 Pedurungan Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitiaan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga macam yakni wawancara, observasi, dokumentasi. teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa di TK Al-Hidayah 7 Pedurungan Semarang guru memiliki peranan yang sangat penting diantaranya yaitu sebagai pembimbing, guru sebagai teladan, guru sebagai motivator, dan guru selalu berkomunikasi dengan orang tua siswa. Melalui pembiasaan hafalan surat-surat pendek mampu meningkatkan nilai agama dan moral seperti, kesabaran, menghormati sesama teman dan guru, memiliki empati dengan teman, dan sopan santun.