Pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar kognitif PKN siswa kelas III MI Matholi’un Najah Pati

Main Author: Rahmawati, Devi Alfina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18070/1/Skripsi-1803096083_Devi_Alfina_Rahmawati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18070/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif PKn siswa karena guru masih menggunakan metode konvensional, seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar kognitif PKn siswa kelas III MI Matholi’un Najah Pati. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Matholi’un Najah Pati yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 5% dan dk= 17, diperoleh nilai thitung (7,0628) > ttabel (2,110) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan analisis koefisien korelasi biserial pada taraf signifikansi 5% dan dk = 16, diperoleh nilai rhitung (0,7646) > rtabel (0,4683) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan analisis koefisien determinasi, diperoleh KD sebesar 58,46%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar kognitif PKn siswa kelas III MI Matholi’un Najah Pati dengan pengaruh sebesar 58,46% dan sisanya 41,54% dipengaruhi oleh variabel lain. Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle; Hasil