Pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Salafiyah Syafiiyah Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022

Main Author: Utami, Sinta Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18069/1/Skripsi_1803096078_Sinta_Tri_Utami.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18069/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya prestasi belajar siswa yang ditandai dengan banyak siswa yang kurang fokus saat mengikuti pembelajaran serta mengalami kebosanan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui persepsi siswa tentang kreativitas guru di kelas III MI Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang. Mengetahui prestasi belajar siswa kelas III MI Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang. 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III MI Salafiyah Syafiiyah Hadirul Ulum Tasikrejo. Teknik pengumpulan data yaitu angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment, uji koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment menunjukkan nilai rhitung = 0,745 > rtabel = 0,334 maka signifikan antara korelasi dua variabel yaitu antara variabel X dan Y. Pada Uji T thitung 6,417 > ttabel 2,037 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan uji koefisien determinasi sebesar 55,5%. Menunjukan bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas III MI Salafiyah Syafiiyah Hadirul Ulum Tasikrejo Kabupaten Pemalang adalah sebesar 55,5% dan sisanya 44,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.