Analisis pemilihan metode dan media dalam pembelajaran matematika di era new normal untuk siswa kelas 3 SD N 1 Pesawahan Kendal 2021/2022

Main Author: Mulyaningsih, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18066/1/Skripsi-1803096068_Tri_Mulyaningsih.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18066/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang analisis pemilihan metode dan media dalam pembelajaran matematika di Era New Normal untuk siswa kelas 3 SD N 1 Pesawahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran di Era New Normal dan menentukan faktor – faktor pemilihan metode dan media yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran di Era New Normal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi pada proses pembelajaran dikelas 3 SD N 1 Pesawahan, dukumentasi melihat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan melihat protokol kesehatan yang diterapkan disekolahan, serta wawancara dengan guru. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari hasil penelitian, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran di Era New Normal dilakukan sesuai dengan surat edaran yang dianjurkan pemerintah namun proses pembelajaran di Era New Normal juga memiliki kendala, seperti menentukan media dan metode dalam proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan situasi pandemi Covid- 19 yang harus menerapkan protokol kesehatan didalam kehidupan sehari – hari atau sering disebut Era New Normal. Pada guru kelas 3 penyampaian materi menggunakan metode ceramah, tanya jawab , penugasan untuk pembelajaran matematika dan menggunakan media gambar dipapan tulis. Pada proses pembelajaran yang dilakukan di Era New Normal ada kendala yang dihadapi antara lain adalah membuat anak mematuhi protokol kesehatan , menentukan metode yang tepat, selain itu faktor – faktor saat pemilihan media dan metode harus sangat diperhatikan, tidak hanya memperhatikan faktor lingkungan atau situasi namun harus memperhatikan karakteristik siswa sesuai dengan materi yang akan diajarkan, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dll.