Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al Azhar 29 Semarang

Main Author: Salim, Moh Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18053/1/Skripsi_1803036055_Moh_Andi_Salim.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18053/
ctrlnum 18053
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18053/</relation><title>Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al Azhar 29 Semarang</title><creator>Salim, Moh Andi</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan</subject><description>Sekolah sebagai pendidikan formal bertujuan membentuk manusia yang berkepribadian untuk mengembangkan intelektual peserta didik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kepala sekolah sebagai pemimpin pada sebuah lembaga pendidikan formal, kepala sekolah adalah satu unsur terpenting. karena kepala sekolah adalah seseorang yang menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi dan membimbing orang-orang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan di dalam lembaga pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga sekolah dalam mengelola budaya islami tidak lepas dari kepemimpinan kepala sekolah dalam mengatur sumberdaya yang ada. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dilakukan dengan teknis analisis deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, 1 orang guru, dan 1 orang siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan drajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang. Penelitian ini dimaksud untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang? (2) Apa kendala yang dialami kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang?. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 semarang, telah melakukan pembinaan terhadap kegiatan budaya islami, kemudian membuat perencanaan program islami melalui rapat dengan para guru, sudah terlaksana dengan baik tapi belum maksimal. Dan Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami adalah tegas, disiplin, dan transparan dalam melaksanakan program-program yang telah ditetapkan. (2) kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 semarang adalah kurangnya pengarahan beberapa guru dalam mendidik murid dan kurang kesadaran murid dalam mematuhi peraturan yang telah diterapkan disekolah.</description><date>2022-06-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18053/1/Skripsi_1803036055_Moh_Andi_Salim.pdf</identifier><identifier> Salim, Moh Andi (2022) Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al Azhar 29 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>18053</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Salim, Moh Andi
title Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al Azhar 29 Semarang
publishDate 2022
isbn 9781803036052
topic 297.77 Islamic religious education
371.2 Administrasi sekolah
administrasi pendidikan
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18053/1/Skripsi_1803036055_Moh_Andi_Salim.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18053/
contents Sekolah sebagai pendidikan formal bertujuan membentuk manusia yang berkepribadian untuk mengembangkan intelektual peserta didik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kepala sekolah sebagai pemimpin pada sebuah lembaga pendidikan formal, kepala sekolah adalah satu unsur terpenting. karena kepala sekolah adalah seseorang yang menggerakkan, mempengaruhi, memotivasi dan membimbing orang-orang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan di dalam lembaga pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga sekolah dalam mengelola budaya islami tidak lepas dari kepemimpinan kepala sekolah dalam mengatur sumberdaya yang ada. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dilakukan dengan teknis analisis deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, 1 orang guru, dan 1 orang siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan drajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang. Penelitian ini dimaksud untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang? (2) Apa kendala yang dialami kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang?. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 semarang, telah melakukan pembinaan terhadap kegiatan budaya islami, kemudian membuat perencanaan program islami melalui rapat dengan para guru, sudah terlaksana dengan baik tapi belum maksimal. Dan Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami adalah tegas, disiplin, dan transparan dalam melaksanakan program-program yang telah ditetapkan. (2) kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami di SMP Islam Al-Azhar 29 semarang adalah kurangnya pengarahan beberapa guru dalam mendidik murid dan kurang kesadaran murid dalam mematuhi peraturan yang telah diterapkan disekolah.
id IOS2754.18053
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:25Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:25Z
recordtype dc
_version_ 1765821682879037440
score 17.538404