Strategi promosi pendidikan dalam menarik minat siswa baru di SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub Tegal

Main Author: Rahman, Alfin Aulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18040/1/Skripsi_1803036019_Alfin_Aulia_Rahman.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18040/
Daftar Isi:
  • Persaingan sekolah dalam mendapatkan siswa baru tentunya harus menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah dengan cara promosi. Promosi salah satu sejenis komunikasi yang bertujuan memberikan penjelasan yang dapat meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa. Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana strategi promosi dan implikasinya dalam meningkatkan jumlah siswa baru di SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub menggunakan beberapa strategi promosi, yaitu dengan promosi langsung dan tidak langsung, menunjukan prestasi-prestasi yang diraih, mengadakan program unggulan, dan word of mouth. Implikasi dari strategi promosi tersebut yaitu, jumlah siswa tiga tahun terakhir meningkat, kepuasan siswa meningkat, kepercayaan masyarakat meningkat, dan menjadikan citra baik sekolah.