Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap prestasi belajar kognitif mata pelajaran Al-qur’an Hadis siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang

Main Author: Adawiyah, Nur Alfia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18033/1/Skripsi_1803096035_Nur_Alfia_Adawiyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18033/
Daftar Isi:
  • Pelajaran Al-Qur’an Hadits dianggap pembelajaran yang membosankan dan dianggap beban oleh siswa, karena sebagian siswa masih ada yang belum lancar membaca Al-Qur’an, dan hal ini tentu menyulitkan mereka dalam mengartikan, menghafal, dan memahaminya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap prestasi belajar kognitif siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode pre eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Sampel seluruh siswa kelas III Utsman bin Affan MI Darul Ulum yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Berdasarkan uji t dalam taraf signifikansi 5 % diperoleh hasil thitung (11,5773) > ttabel (1,9966), yang berarti bahwa H0 ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran penggunaan media flashcard berpengaruh terhadap prestasi belajar kognitif mata pelajaran al-Qur’an Hadis siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang.