Pengaruh penggunaan metode make a match terhadap pemahaman belajar Akidah Akhlak siswa kelas III MI Ma’arif NU 01 Kedungbanteng

Main Author: Fauziyah, Himmatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18029/1/Skripsi_1803096013_Himmatu_Fauziyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18029/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap pemahaman belajar mata pelajaran akidah akhlak di kelas III MI Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI di Ma’arif NU 1 Kedungbanteng semester genap tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil uji t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances diperoleh thitung > ttabel (6,821>2,101) maka hipotesis yang diajukan (Ha) diterima atau terdapat perbedaan rata-rata signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan uji koefisien korelasi pearson product moment diperoleh rhitung > rtabel (0,854>0,444) dan koefisien determinasi dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil 72,93%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran make a match berpengaruh terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III di MI Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas dengan konstribusi sebesar 72,93% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.