Implementasi akad MBA (murabahah angsuran) pada anggota non muslim di BMT Al hikmah Cabang Bandungan

Main Author: S, Meyra Maulina A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18022/1/Skripsi_1905015051_Meyra_Maulina_A_S.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18022/
Daftar Isi:
  • murabahah dan faktor yang mempengaruhi umat non muslim mengunakan murabahah angsuran di BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan. Dalam rangka membantu masyarakat baik umat muslim maupun non muslim yang membutuhkan dana untuk pembelian suatu barang tertentu, BMT mengeluarkan produk MBA. Produk MBA ini juga menguntungkan bagi pihak BMT karena keuntungan yang diperoleh dari produk murabahah sudah pasti yaitu berupa margin. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan juga data sekunder. Dan dalam pengumpulan data memakai metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembiayaan murabahah pada BMT Al-Hikmah diimplementasikan pada MBA Angsuran dan MBA Paras. Pada MBA Angsuran diperuntukan untuk pembelian barang seperti motor, kulkas, furniture dan lain sebagainya. Sedangkan pada MBA Paras digunakan untuk produk pembiayaan yang berhubungan dengan renovasi rumah. Perhitungan margin antara MBA angsuran dan MBA paras sama, hanya kegunaannya saja yang berbeda. Implementasi dari akad murabahah di BMT Al-Hikmah juga sudah sesuai dengan syariah dengan berlandaskan AL-Quran dan Hadist. Adapun faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim untuk menggunakan produk MBA ini seperti karena sistemnya lebih adil, berpayung pada undang-undang, proses pengajuan mudah, tidak membedakan antara anggota muslim dan non muslim, serta silaturahmi antara BMT dan anggota terjalin erat.