Daftar Isi:
  • Lembaga keuangan mikro syari’ah khususnya BMT (Baitul Mal wat Tamwil) mengalami pertumbuhan yang cukup membanggakan. Salah satu BMT yang cukup berkembang di Kendal yaitu BMT EL AMANAH. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari variabel syari’ah, produk, pelayanan dan promosi terhadap keputusan anggota BMT EL AMANAH Kendal. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field ressearch) yakni pengamatan langsung ke objek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang penulis berikan kepada nasabah BMT dan wawancara dengan pihak BMT, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen BMT berupa susunan pengurus, sejarah berdirinya BMT, visi misi, produk dan dokumentasi dari buku-buku. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas,uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian, uji validitas semua item pertanyaan valid, uji reliabilias semua variabel reliabel, analisis regresi berganda dengan konstanta atau a sebesar 6,644 artinya keempat variabel yaitu Syari’ah, pelayanan, produk, promosi mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel keputusan anggota sebesar 6,644%. Koefisien regresi variabel syari’ah atau X1 sebesar 0,266 artinya apabila kualitas syari’ah bertambah maka akan meningkatkan keputusan anggota untuk menggunakan produk TAMARA di KJKS BMT El Amanah Kendal. Koefisien regresi variabel pelayanan atau X2 sebesar 0,013 artinya apabila pelayanan ditambah maka akan meningkatkan keputusan anggota untuk menggunakan produk TAMARA di KJKS BMT El Amanah Kendal. Dan koefisien regresi variabel produk atau X3 sebesar 0,269 artinya apabila kualitas produk bertambah maka akan meningkatkan keputusan anggota menggunakan produk TAMARA di KJKS BMT El Amanah Kendal. Koefisien regresi variabel promosi atau X4 sebesar 0,320 artinya apabila promosi bertambah maka akan meningkatkan keputusan anggota untuk menggunakan produk TAMARA di KJKS BMT El Amanah Kendal. Adjusted R Square (R2) adalah 0,447. Hal ini berarti bahwa 44,7% variabel keputusan anggota dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu syari’ah, pelayanan, produk, dan promosi. Sedangkan sisanya sebesar 55,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Nilai F hitung sebesar 14,944 dan signifikan pada 0,000 < dari α = 0.05 yang berarti variabel independen syari’ah, pelayanan, produk dan promosi secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan anggota. Dari hasil uji t variabel syari’ah, produk, dan promosi signifikan dan berpengaruh positif terhadap keputusan anggota karena nilai signifikannya dibawah 0.05.