Problematika rekrutmen tenaga pendidik di Sekolah Dasar Islam terpadu (SDIT) Bunayya tahun ajaran 2021/2022

Main Author: Tuti, Sahara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18009/1/Skripsi_1803036009_Sahara_Tuti.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18009/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang problematika rekrutmen tenaga pendidik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bunayya Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan wujud kualitatif dengan mendeskripsikan data yang sudah dikumpulkan berupa susunan kata-kata, tertulis gambar dan bukan sebuah angka. Penelitian ini dilakukan di SDIT Bunayya Gayo Lues, Aceh. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data wawancara diperoleh dari ketua Yayasan Nurhayati Sahali yang menaungi SDIT Bunayya, Pengawas Internal Perguruan Bunayya, kepala sekolah SDIT Bunayya, Wakil Kurikulum SDIT Bunayya dan Koordinator Al-Qur’an SDIT Bunayya Gayo Lues. Data observasi diperoleh melalui observasi secara langsung mengenai kegiatan rekrutmen di SDIT Bunayya Gayo Lues. Data dokumentasi berupa dokumen dengan pengurus Yayasan Nurhayati Sahali, Pengawas Internal Perguruan Bunayya, Kepala Sekolah SDIT Bunayya, Wakil Kurikulum SDIT Bunayya dan Koordinator Al-Qur’an SDIT Bunayya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses rekrutmen tenaga pendidik sudah berjalan dengan baik. Peneliti menemukan bahwa (1) proses rekrutmen tenaga pendidik secara umum sudah berjalan sesuai dengan teorinya Mathis dan Jackson tentang proses rekrutmen tenaga pendidik. (2) banyak problem yang muncul dalam pelaksanaan rekrutmen tenaga pendidik di SDIT Bunayya Gayo Lues.