Peran guru dalam pengenalan literasi finansial pada anak usia 4 – 5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah tahun 2022
Main Author: | Lena, Lena |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18008/1/Skripsi_1803106003_Lena.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18008/ |
Daftar Isi:
- Penerapan literasi finansial di lembaga pendidikan anak usia dini belum terlaksana secara optimal. Perlu adanya sinergi antara orang tua, sekolah dan juga pemerintah. Guru menjadi salah satu pihak yang berperan penting dan strategis dalam mengajarkan literasi finansial pada anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untk mengetahui peran guru dalam pengenalan literasi finansial pada anak usia 4 – 5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah tahun 2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu pengenalan literasi finansial di TK Aisyiyah Bustanul Athfal mencakup pengenalan konsep sumber daya ekonomi (earning), konsep belanja (spending), konsep menyimpan (saving), dan konsep berbagi (sharing). Dalam pengenalan literasi finansial pada anak usia 4 – 5 tahun, guru memiliki beberapa peran yaitu sebagai pengajar, pembimbing, fasilitator, dan evaluator.